Ulfa Sophia Ulfa Sophia

Allah loves me, and Allah never leaves me alone

Perbedaan cerita Perang Troy versi asli dan versi film

A.   Troy versi Asli

Perang Troya, merupakan sebuah babak dalam sejarah perjalanan yunani. Sebuah perang antaraSparta dan Troya yang sangat melegenda. Cerita atau dalam historiografi tradisional lebih dikenal dengan mitos ini dikarang oleh seorang sejarawan yunani, Homerus dalam bukunya yang berjudul Ilias dan Oddysea. Bapak sejarawan seperti Herodotus pun juga menulis tentang seluk – beluk mulai dari latar belakang dan akhir dari perang Troya, namun beberapa bagian dalam tulisan Herodotus ini berbeda dengan tulisan Homerus. Dalam kedua karya Homerus ini Sang sejarawan melukiskan bagaimana awal dan latar belakang perang troya terjadi. Kisah dimulai ketika seorang istri raja yunani, Helena, istri Menelaus dari Sparta diculik oleh pangeran yang tampan dan gagah berani bernama Paris putra Troya. Helena, sang putri ini digambarkan adalah seorang putri yang sangat cantik, sehingga bagi kebanyakan pria yang melihatnya pasti akan terkagum – kagum dengan kecantikannya dan ingin memilikinya. Dia dianggap sebagai putri dari Zeus dan Leda. Menurut legenda, karena kecantikannya ini sang putri banyak mengakibatkan bencana yang dikarenakan perebutan dirinya sehingga para pujangga – pujangga lama seperti Homerus dan lainnya menganggap dirinya adalah anak dari Dewa kegelapan yang paling bengis, yaitu Nemesis. Untuk menyelesaikan masalah perebutan sang putri, ayah dunia Helena, raja Tyndareus dari Sparta mengawinkan dirinya dengan pangeran Menelaus, adik Agamemnon. Seorang pangeran yang gagah dan berani yang selanjutnya dalam kisah diangkat menjadi raja diSparta. Tahun – tahun pertama pernikahan Helena dan Menelaus merupakan tahun yang penuh dengan kebahagian dan kehangatan sampai pada kemunculan pangeran Paris, putra Troya.

Paris datang bersama para prajuritnya ke Sparta semata – mata ingin menghadiri acara pengorbanan terhadap dewa Apollo. Namun, sejatinya dia ke sana untuk menemui putri Helena dan membawanya kabur ke Troya. Pertemuan mereka sangat romantis dan akhirnya mereka saling jatuh cinta. Paris kembali ke Troya dengan membawa kabur Helena untuk dijadikannya istri. Mengetahui hal ini, Menelaus sangat marah dan segera mengumpulkan raja – raja yunani yang telah bersumpah setia untuk melindungi putri Helena termasuk Agamemnon, raja di Argos dan Mycene. Mereka juga membawa Achiles, seorang pahlawan besar Yunani untuk menaklukkan Troya yang dikenal sangat kuat dalam hal pertahanan militer. Dalam cerita, perang diawali dengan penyerbuan kerajaan Troya yang kemudian Achiles berhasil membunuh Hector dalam duel satu lawan satu dan menyeret mayatnya mengelilingi tembok Troya. Karena merasa kurang puas, Agamemnon juga menyerbu kerajaan Troya untuk mengambil alih kekuasaan. Dalam pertempuran yang berlangsung, Achiles tewas di tangan Paris. Perang pun meletus dan menimbulkan bannyk korban di kedua belah pihak, akhir cerita dari Homerus, Troya pun Jatuh dan Helena kembali ke pangkuan Melenaus.

 

B.   Troy versi Film

Film Troy bercerita tentang perang antara Sparta dengan Troya. Perang tersebut dimulai ketika Helen, permaisuri Sparta, pergi meninggalkan Sparta bersama Paris ke Troya. Kepergian Helen bersama Paris memicu kemarahan Menelaus, Raja Sparta, dan berencana menyerang Troya. Penyerangan Sparta terhadap Troya dibantu pula oleh Agamemmnon, kakak dari Menelaus. Seluruh kekuatan Yunani mereka kumpulkan untuk menyerang Troya. Dalam peperangan tersebut diikuti juga oleh Achilles, seorang ksatria yang tidak pernah tunduk dengan rajanya. Achilles mengikuti perang tersebut karena ia ingin dikenal oleh sejarah karena dapat mengalahkan Troya ,bukan perang atas nama Yunani.

Troya adalah kerajaan yang mempunyai seorang ksatria bernama Hector yang juga merupakan  pangeran Troya. Setelah pasukan Sparta dan pasukan dari Acilles sampai di Troya segera perang dimulai. Peperangan tersebut dimulai dari peperangan antara Troya dengan pasukan Acilles. Peperangan tersebut menyebabkan Breseis, keponakan dari Priam, Raja Troya, menjadi tawanan pribadi Achilles. Dalam peperangan tersebut Achilles telah berhadapan dengan Hector, namun Achilles menunda peperangan tersebut dengan alasan saat itu tidak banyak orang sehingga tidak aka nada yang tahu bila Hector telah dikalahkannya.

Keesokan harinya perang tersebut dimulai antara pasukan Sparta dengan Troya. Sebelum peperangan dimulai terdapatan kesepakan antara Paris dengan Menelaus, yaitu mereka berperang sendiri dan pemenangnya akan mendapatkan Helen. Ternyata Paris yang lemah lembut tidak sanggup mengalahkan Manaleus hingga  perkelahian tersebut dituntaskan oleh Pangeran Hector. Hector melindungi Paris yang bersembunyi di balik kedua kakinya, dan akhirnya pedang Hectorlah yang menghabisi nyawa Manaleus. Kematiaan Manaleus dijadikan alasan Agamemnon meneruskan niat peperangannya, yang tadinya membantu adiknya, kini berusaha menjatuhkan kerajaan Troya. Namun pasukan pemanah Troya dari balik dinding yang tinggi berhasil memukul mundur pasukan Sparta untuk sementara waktu.

Kemunduran Sparta dimanfaatkan oleh Troya untuk melakukan penyerang saat fajar keesokan harinya. Troya membakar banteng pertahan Sparta dengan cara menjatuhkan panah-panah api di dekat benteng Sparta kemudian menjatuhkan jerami sehingga sebagian benteng Sparta terbakar. Dalam peperangan tersebut dimanfaatkan oleh Patroclus, sepupu dari Achilles, mengikuti peperangn tersebut  karena sebelumnya ia dilarang oleh Achilles mengikuti peperangan. Patroclus meminpin pasukan tanpa sepengatahuan Achilles dengan menggunakan pakaian perang sepupunya tersebut. Tidak ada seseorangpun yang mengetahui bahwa yang meminpin perang tersebut adalah Patroclus, semua orang mengira ia adalah Achilles karena pakaian perang tersebut milik Achilles. Hector juga tidak mngetahui bahwa pemimpin perang tersebut bukan Achillles melainkan Patroclus, oleh sebab itu ia melawan Patroclus sampai akhirnya Patroclus meninggal. Setelah Patroclus terkena pedangnya baru ia ketahui bahwa lawan perangnya bukanlah Achilles melainkan Patroclus, sepupu Achilles.

Kematian Patroclus memancing kemarahan Achilles hingga membuatnya mendatangi Hector tanpa pasukan dan menantangnya berperang. dalam peperangan yang tidak ada kesepakatan sebelumnya tersebut dimenangkan oleh Achilles. Hector terbunuh dan mayatnya diseret ke bentengnya. Namun, mayat Hector akhirnya dikembalikan kepada Troya setelah Priam memintanya ke benteng Achilles.

Kematian Hector adalah awal kekalahan Troya karena Troya telah kehilangan ksatrianya. Dalam penyerangan berikutnya pasukan Sparta yang dipimpin oleh Odysseus menggunakan taktik patung kuda raksasa. Sparta mengelabuhi Troya dengan pura-pura meninggalkan Troya dan memberikan patung kuda raksasa kepada Sparta, padahal kuda raksasa tersebut berisi pasukan Sparta. Hal tersebut dilakukan agar pasukan Sparta dapat masuk ke Troya sampai ke kota. Setelah patung kuda berhasil sampai ke dalam kota, Troya berhasil dihancurkan oleh Sparta, Priam, raja Troya, terbunuh. Dalam penyerangan ini, Agamemmnon terbunuh oleh Breseis dan setelah itu saat Achilles hendak menyelamatkan Breseis dari pasukan Troya, ia terbunuh oleh panah Paris.

Dalam peperangan antara Sparta dan Troya tersebut dimenangkan oleh Sparta karena berhasil membakar habis Troya, namun semua ksatria dari kedua pihak terbunuh. Paris, Breseis, Helen, dan istri Hector yaitu Andromache berhasil menyelamatkan diri lewat terowongan rahasia yang telah ditunjukkan sebelumnya oleh Hector pada Andromache. Selain itu, Odysseus juga berhasil selamat dan kembali ke Yunani dengan membawa kemenangan Sparta.

 

C.   Perbedaan

1. Odysseus menemukan Achilles di Istana sedang menyamar menjadi wanita (keinginan Tetys - ibunya), di Istana ini pada masa sebelum Achilles salah satu Pahlawan terbesar Yunani (paling dikagumi di Athena melebihi Hercules) yaitu Theseus dibunuh. 

Film -> Achilles sedang latihan bersama Patroclus.

2. Achilles bukan orang pertama yang menginjakkan kakinya di pantai Troy karena menurut ramalan oracle, orang yang pertama menginjakkan kakinya di Pantai Troy akan terbunuh tidak lama setelah itu. 

Film -> Achilles orang pertama yg turun dari kapal.

3. Selain perang antara para pahlawan Yunani dan Troy, terdapat juga perang antara para dewa yang membela Yunani (Hera, Athena dan Poseidon) dengan para dewa yang membela Troy (Artemis, Afrodit, Ares dan Apollo). 

Film -> tidak ada dewa Olympus yang muncul.

Peranan para dewa diminamilisir, sehingga para pahlawan dalam kisah ini benar-benar terasa manusiawi. Pesan dari para dewa juga disampaikan lewat mimpi kepada para orakel/penujum, sehingga mereka tidak muncul. Mungkin pemunculan makhluk yang mendekati dewa-dewi hanya ibu Achilles, yaitu Thetis, yang dalam mitologi Yunani adalah anak seorang Titan bernama Nereus (dijuluki The Old Man of The Sea).

4. Pada pertarungan antara Achilles dan Hector, dewi Athena menyamar disamping Hector menjadi sepupunya. 

Film -> tidak ada orang disamping Hector saat pertarungan itu dan kembali pada fakta no. 3

5. Achilles tidak pernah masuk kota Troy karena setelah kematian dan penghormatan Hector, Achilles memanjat benteng kota Troy namun Paris memanah tubuhnya dan anak panahnya diarahkan ke tumit Achilles oleh Apollo. 

Film -> Achilles masuk ke kuda raksasa dan mencari Briseis dan kembali ke fakta no. 3

6. Menelaus tidak mati di Troy dan berhasil mendapatkan kembali Helen setelah kematian Paris. 

Film -> Menelaus mati ditangan Hector setelah duel dengan Paris

7. Agamemnon tidak mati di Troy melainkan mati di Istananya sendiri oleh Istri dan selingkuhan istrinya, hal ini adalah akibat kutukan yang diberikan kepada leluhurnya. 

Film -> Agamemnon mati ditangan Briseis.

8. Ajax mati bunuh diri karena dibut gila oleh para dewa akibat keserakahannya kerena menginginkan baju perang Achilles (yg dibuat oleh hepaestus), sedangkan menurut Agamemnon orang yg berhak memiliki baju perang tersebut adalah Odysseus. 

Film -> Ajax mati ditangan Hector.

9. Kota Troy tidak dapat ditaklukan karena 2 hal : 

- Menurut ramalan oracle Yunani, jika ingin menang maka mereka harus memiliki busur dan anak panah Hercules

- Di dalam kota Troy ada Palladium (patung dewi Athena)
maka Odysseus mencari busur dan anak panah Hercules dan mencuri Palladium ke dalam kota Troy.

Film -> Palladium tidak pernah dicuri sedangkan Busur dan anak panah Hercules tidak pernah disebutkan.

10. Tetys menemui Achilles setelah itu menemui Zeus di Olympus dan meminta Zeus membela bangsa Troy namun Zeus tidak menunjukkan sikap itu dihadapan para dewa terutama dihadapan Hera.

Film -> Tetys hanya terlihat di rumah sebuah pulau dan menasehati Achilles untuk tidak pergi ke Troy dan kembali ke fakta no. 3

11. Aeneas adalah seorang Pahlawan yg diakhir kisah perang ini dilarikan oleh ibunya Afrodit yg menutupi tubuhnya dengan kabut.

Film -> Aeneas terlihat seperti warga biasa dan tidak dikenal oleh Paris yang kemudian memberikannya pedang Troy dan memintanya mencarikan tempat tinggal yang baru u/ warga yang selamat 

12. Astayanax (putra Hector) dibuang oleh tentara Yunani dari atas tembok kota Troy dan mati.

Film -> Astayanax telihat masih hidup diakhir film ini

13. Perang Troya sebenarnya memakan waktu hampir 10 tahun

Film -> setting waktu hanya mengambil waktu beberapa minggu setelah Sparta mendarat di daratan Troya

14. Yang menyelamatkan Paris dari kematian saat berhadapan dengan Menelaos adalah Hektor

Film -> Saat Paris hampir dibunuh Menelaos di duel satu lawan satu, Aphrodite membungkus tubuh Paris dengan kabut dan membawanya lari dari medan perang menuju kamar Paris.

15. Akhilles pergi sendirian ke depan Tembok Troya dan menantang Hektor untuk duel satu lawan satu melawannya

Film -> Akhilles bertemu dengan Hektor saat bertempur dan langsung mengejarnya untuk duel satu lawan satu yang menyebabkan Hektor tewas terbunuh

16. Akhilles ikut bersembunyi bersama prajurit lainnya di dalam Kuda Troya

Film -> Akhilles sudah gugur sebelum gagasan pembuatan kuda kayu dilontarkan Odysseus, salah seorang prajurit yang bersembunyi di dalam kuda kayu itu adalah Neoptolemos, putra Akhilles, sesuai dengan ramalan: putra Akhilles akan berhasil menembus Tembok Troya dan Akhilles sendiri tidak akan pernah bisa memasuki Troya.

17. Eros, dewa cinta anak Afrodit, memanah Helena dengan panah cinta sampai akhirnya Helena jatuh cinta pada Paris.

Film -> Helen jatuh cinta pada Paris karena dirinya sendiri yang tertarik pada Paris

18. Kuda raksasa itu dikira sebaagi pernyataan kekalahan dari yunani.

Film -> Kuda raksasa itu adalah hadiah persembahan perdamaian dari Agomemnon.

19. Kuda Troya yang berukuran raksasa ditujukan sebagai pengabdian kepada Poseidon

Film -> Kuda Troya yang berukuran raksasa tidak ditujukan sebagai pengabdian kepada Poseidon

20. Tidak ada pihak yang curiga pada kuda raksasa.

Film -> Paris curiga pada kuda raksasa

Posted on Tuesday, 25 October 2011 — ♥ 0 notes


Theme by Studio moh